Pages

Rabu, 15 Juni 2016

3 Tanaman Penyegar Ruangan di Rumah

Ketika melihat televisi, Anda tentu sudah pernah melihat iklan AC yang mengklaim bahwa AC merk tertentu bisa membersihkan udara yang tercemar, dan membuat suasana rumah lebih segar.


Jika Anda memang ingin rumah Anda hawanya menjadi segar, sebenarnya Anda tidak perlu repot-repot membeli AC tersebut, tetapi cukup memelihara tanaman di dalam rumah.

Tanaman spider plant

Salah satu tanaman yang bisa Anda gunakan sebagai pembersih udara adalah spider plant. Tanaman dengan nama ilmiah Chlorophytum comosum ini aslinya berasal dari Afrika, namun kini sudah menyebar ke seluruh dunia. Beberapa trivia tentang tanaman ini adalah:


  1. Mempunyai daun panjang dan sempit, dengan warna kuning di tengah dikelilingi warna hijau di tepi.
  2. Tidak perlu dirawat, tanaman ini bisa tumbuh sendiri dengan baik.
  3. Aman bagi binatang peliharaan.
  4. Bisa mencapai tinggi 60 cm.
  5. Sangat berguna karena bisa menyerap karbon monoksida, formaldehida, xilena, dan bahan kimia dari industri kulit dan karet.

Tanaman aloe vera

Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya? Tanaman ini sangat mudah untuk dirawat. Cukup ditanam di pekarangan atau dalam pot, mendapatkan sinar matahari dan disiram rutin, tanaman ini sudah tumbuh sendiri. Secara tradisional, lidah buaya berguna untuk:


  1. Menyembuhkan luka bakar dan lecet.
  2. Penguat dan penyubur rambut, serta perawatan kulit.
  3. Digunakan sebagai makanan dan minuman.
  4. Menetralisir racun di udara, seperti formalin dan benzena, serta bau menyengat dari cat dinding dan larutan pembersih ruangan.

Tanaman lidah mertua



Tanaman yang juga sering disebut dengan snake plant ini ternyata sangat ampuh dalam menyerap berbagai racun yang ada di dalam udara, dan membuat rumah menjadi lebih segar. Beberapa hal tentang tanaman lidah mertua yang patut Anda ketahui adalah:

  1. Punya jenis daun yang pendek dan panjang, meski yang panjang lebih umum dilihat.
  2. Warna beragam, mulai dari hijau, perak, kuning putih, atau hijau kuning, dengan motif bervariasi.
  3. Daun tebal dan runcing, serta berdiri.
  4. Bisa hidup di daerah yang kering dan tidak perlu perawatan khusus, karena menyimpan air di dalam daunnya.
  5. NASA menyebutkan bahwa tanaman ini bisa membersihkan 103 jenis polutan.
  6. Bila Anda adalah perokok, menanam tanaman ini sangat baik, lantaran bisa menyerap nikotin. Selain itu juga menyerap karbon monoksida, dioksin, formalin, dan juga benzene.
  7. Berkhasiat sebagai antiseptik dan obat cacing.

Tanaman-tanaman lain yang berguna

Daripada membuang biaya untuk membayar pendingin ruangan dan memakai listrik lebih banyak lagi, Anda bisa menggunakan tanaman di atas sebagai penyerap racun yang ada di udara, serta membuat rumah menjadi lebih segar. Keuntungan dari tanaman ini juga karena tidak perlu perawatan khusus. Bila Anda ingin menanam tumbuhan di dalam ruangan, tanaman lain yang bisa direkomendasikan adalah palem kuning, peace lily, bunga krisan, pohon sri rejeki, dll.

Narasumber :
http://jokowarino.id/

bkkn.go.id/kependudukan

0 komentar:

Posting Komentar