Pages

Rabu, 15 Juni 2016

Teknik Merawat Tanaman Bunga Mawar Dengan Benar

Bunga mawar merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat digemari. Tanaman yang satu ini biasanya ditanam di pekarang rumah karena bunganya yang indah dan harum dapat membuat rumah nampak lebih cantik jika dipandang.


Tanaman yang memiliki tangkai berduri ini memiliki beberapa jenis mulai dari mawar merah sampai dengan mawar putih. Semua jenis mawar membutuhkan perawatan yang benar agar dapat hidup dengan subur.

Hal yang paling pokok yang harus dilakukan untuk merawat bunga mawar adalah melakukan penyiraman secara rutin, utamanya saat tanaman berumur 1 hingga 3 bulan. Lakukan penyiraman pada saat pagi dan sore hari agar bunga tetap segar.

Lakukan penyiraman secukupnya, jangan sampai tergenang di permukaan pot. Lakukan penyiraman pada bagian permukaan tanah saja, jangan siram pada pohon apalagi pada bunganya karena bunga mawar rawan saat terkena air.

Bunga mawar tidak dapat hidup di tempat yang terkena paparan cahaya matahari secara langsung. Oleh sebab itu sebaiknya bungan mawar di tanam pada tempat yang teduh namun tetap terjangkau dari sinar matahari secara tidak langsung.

Rajin memangkas tangkai bunga mawar yang kering juga akan membantu menjaga kesuburan bunga mawar. Potong menggunakan gunting yang tajam. Jangan sampai memotong tangkai bunga mawar dengan pola tegak, usahakan polanya menyerong. Selain itu pemotongan tangkai bunga mawar juga dapat membantu agar mawar sering berkembang.

Selain itu untuk menjaga pertumbuhan bunga mawar, maka rajin-rajinlah untuk memberishkannya dari berbagai macam tanaman atau gulma yang tumbuh di sekitar. Kehadiran gulma tersebut akan membuat nutrisi yang seharusnya didapat oleh bunga menjadi kurang maksimal.

Untuk menghindari pertumbuhan tanaman gulma bisa juga dilakukan cara sederhana dengan menutup permukaan tanah tempat menenam bunga mawar dengan jerami atau rumput-rumput yang sudah dipotong sebelumnya. Cara ini cukup efekti dilakukan untuk menekan pretumbuhan gulma yang menyerang tanaman.

Pemupukan rutin juga sangat perlu dilakukan untuk menjaga agar tanaman bunga mawar tetap subur. Pemupukan bisa menggunakan pupuk NPK yang memang sangat cocok untuk tanaman hias jenis bunga.

Jika menginginkan hasil tanaman yang maksimal, usahakan untuk menggunakan jaring peneduh di atas bunga. Fungsinya selain dapat menghindarkan bungan mawar dari paparan cahaya matahari secara langsung, juga dapat melindunginya dari berbagai macam hama seperti serangga dan ulat.

Namun jika cara tersebut masih kurang efektif, maka diperlukan semprotan untuk memusnahkan hama seperti serangga atau ulat yang menyerang tanaman. Gunakan semprotan pembasmi hama sesuai dengan takaran yang telah tertera pada kemasan.

Jika ingin memotong bunga mawar, bisa gunakan pisau atau gunting yang tajam dengan pola potong menyerong agar tidak merusak tanaman. Lakukan pemotongan dengan hati-hati karena bungan mawar tergolong bunga yang sensitif.

Dan untuk mengembangbiakkan bunga mawar bisa dengan cara stek, biji, ataupun okulasi. Selain itu juga bisa dilakukan dengan cara cangkok. Namun yang paling efektif untuk budidaya tanaman bunga mawar adalah dengan cara stek.

Untuk skala budidaya mawar bisa dilakukan pembibitan. Budidaya bunga mawar memerlukan tempat yang sejuk seperti dataran tinggi. Perawatan yang cukup ekstra mulai dari penyiraman sampai dengan pemupukan juga sangat diperlukan untuk merawat tanaman mawar skala perkebunan.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat bunga mawar agar dapat hidup dan tumbuh dengan subur. Semoga dapat memberikan manfaat positif bagi kita semua.

Narasumber :
http://jokowarino.id/

bkkn.go.id/kependudukan

0 komentar:

Posting Komentar