Pages

Rabu, 15 Juni 2016

Penyebab Kerusakan Ekosistem dan Cara Menanggulanginya

Ekosistem merupakan sebuah system ekologi yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem adalah suatu lingkup lingkungan hidup yang saling mempengaruhi antara seluruh komunitas di dalamnya. Oleh karena itu, ekosistem yang ideal adalah ekosistem yang memiliki keseimbangan hubungan yang baik antara makhluk hidup dengan lingkungan tersebut. Apabila hubungan timbal balik tidak berlangsung dengan baik, maka keseimbangan ekosistem lingkungan tersebut akan terganggu dan lambat laun menjadi rusak.



Ekosistem itu sendiri dibentuk dalam dua jenis komponen, yaitu komponen abiotik dan komponen biotik. Komponen abiotik meliputi komponen yang tidak hidup seperti air, tanah, udara, cahaya matahari dan lain sebagainya, sedangkan komponen biotik merupakan makhluk hidup. Masing-masing komponen memiliki tugas dan pengaruhnya dalam membentuk suatu ekosistem yang baik dan seimbang. Tapi dalam situasi tertentu yang tidak disertai dengan keseimbangan setiap komponen di dalamnya, kerusakan ekosistem dapat terjadi kapan saja, baik dalam ekosistem hutan, ekosistem sungai dan ekosistem lainnya.

Kerusakan ekosistem secara umum dapat dibedakan menjadi 2 faktor. Faktor penyebab kerusakan ekosistem diantaranya, yaitu:

Faktor alam.
Kerusakan ekosistem bisa terjadi secara alami karena adanya bencana banjir, aktivitas letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami dan berbagai bencana lainnya yang tidak terduga dan dapat menimbulkan terputusnya rantai makanan dalam suatu ekosistem.



Faktor perbuatan manusia.

Perbuatan dan aktivitas manusia terbukti sangat kuat pengaruhnya dalam keseimbangan ekosistem di dunia. Kerusakan ekosistem akibat ulah manusia didasari dengan sikap yang ceroboh, tidak bertanggung jawab dan semena-mena terhadap alam, contohnya pembakaran dan penebangan hutan secara liar, membuang sampah sembarangan, membangun pemukiman yang minim system penyerapan airnya dan masih banyak lagi.

Akan ada banyak dampak yang dapat ditimbulkan dari masalah kerusakan ekosistem. Itulah sebabnya sebagai manusia dan masyarakat yang cerdas, kita wajib menanggulangi masalah tersebut semaksimal mungkin. Caranya yaitu dengan memberi kesadaran dalam diri sendiri untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup sebaik-baiknya, tidak memperlakukan lingkungan seenaknya dengan aksi nyata sehingga kerusakan ekosistem yang dipengaruhi oleh ulah manusia dapat dihindari sebelum terlambat demi kelangsungan hidup bersama.

Narasumber :
http://jokowarino.id/

bkkn.go.id/kependudukan

0 komentar:

Posting Komentar